Sunday, 28 May 2017

Kelebihan Memiliki Usaha Rumah Tangga

Kebutuhan yang semakin lama semakin banyak disertai dengan harga barang dan jasa kebutuhan yang semakin mahal membuat sebagian besar orang membutuhkan pekerjaan tambahan untuk dapat memperoleh penghasilan tambahan. Salah satu jenis usaha yang dapat dijadikan pilihan adalah usaha rumah tanggaUsaha yang dilakukan di rumah tersebut biasanya dilakukan oleh ibu rumah tangga atau seluruh anggota keluarga.

usaha rumah tangga


Dengan membangun usaha yang dilakukan di rumah tentunya dapat membantu penghasilan keluarga terlebih jika kepala rumah tangga atau yang menjadi tulang punggung keluarga sudah bekerja dari pagi hingga malam hari. Dengan adanya bisnis rumah tangga tersebut, membuat kondisi keuangan rumah tangga menjadi lebih terbantu sehingga dapat mengurangi beban kepala keluarga sebagai orang yang mencari nafkah. Namun, terdapat kelebihan lainnya dengan membangun bisnis rumah tangga.

Kelebihan yang pertama adalah sang ibu atau yang memiliki usaha tersebut tidak perlu untuk meninggalkan rumah dan pekerjaan rumah yang lainnya untuk mengurus bisnis. Dengan usaha yang dapat dilakukan di rumah tersebut, setidaknya orang rumah, biasanya adalah ibu rumah tangga, dapat mengurus keperluan rumah tangga yang lain terlebih dahulu sebelum mengurus usaha yang dilakukan. Jika sesuatu terjadi di rumah, misalnya anak tiba-tiba sakit, tidak perlu panik untuk pulang ke rumah karena dapat langsung mengurus anak.

Kedua adalah ibu atau yang mengerjakan usaha rumah tangga dapat melakukan multi tasking sehingga dapat menghemat waktu. Karena usaha tersebut dilakukan di rumah, sehingga jika terjadi suatu hal, dapat dikerjakan bersamaan atau dalam waktu yang hampir bersamaan. Tidak hanya hemat waktu namun juga hemat biaya seperti biaya transportasi. Jika biasanya Anda harus mengeluarkan uang untuk pulang ke rumah, dengan bisnis yang dilakukan di rumah, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk transportasi, sehingga uang tersebut dapat disimpan untuk keperluan yang lainnya.

Ketiga adalah dapat membantu anggota keluarga yang lain. Dengan membangun bisnis rumah tangga, sebagian besar pelaku bisnis akan menggunakan bantuan dari anggota keluarga yang lainnya untuk menjalankan bisnis sehingga tidak hanya dapat memberikan pendapatan tambahan bagi keluarga Anda sendiri namun juga anggota keluarga yang lainnya. Jika bisnis tersebut dapat berkembang dengan baik, maka dapat juga memberikan lowongan pekerjaan bagi warga atau tetangga rumah Anda.

Keempat adalah membantu untuk membangun kreativitas. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar bisnis rumah tangga yang ada saat ini berasal dari ide atau pengembangan terhadap suatu bisnis yang sudah ada sebelumnya. Misalnya, bisnis burger, saat ini tidak hanya menggunakan roti sebagai komposisi burger namun juga menggunakan mie. Selain itu, bisnis rumah tangga yang menggunakan bahan dasar dari sampah seperti botol plastik, bekas makanan ringan ataupun menggunakan dedaunan yang dibuat menjadi suatu produk bernilai tinggi juga dapat membantu untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih.

Namun, jika Anda hendak membangun suatu usaha rumah tangga, pastikan beberapa hal berikut:

  • Apakah Anda mendapatkan izin dari suami atau anggota keluarga yang lainnya sehingga usaha tersebut tidak memberikan efek negatif pada keluarga Anda misalnya perpecahan atau perebutan usaha.
  • Apakah Anda sudah memiliki konsep atau yang ingin Anda buat lewat bisnis tersebut. Misalnya apakah Anda akan dengan jalan produksi sendiri, reseller ataupun yang lainnya.
  • Apakah produk yang akan Anda jual tersebut berbeda dari produk yang ada di sekitar Anda sehingga barang atau jasa yang Anda jual tidak kalah jauh dengan saingan Anda.

0 comments:

Post a Comment